Layanan atau service merupakan salah satu
bagian penting dari perusahaan. Bahkan saking pentingnya, tidak sedikit
perusahaan yang memberikan training kepada para karyawan bagian front
liner mereka secara berkala untuk meningkatkan layanan kepada konsumen.
Kita semua telah menyadari bahwa pengaruh layanan pada penjualan sangat
luar biasa. Bahkan persaingan dengan competitor dalam hal harga bisa
dimenangkan dengan layanan konsumen yang lebih memuaskan. Apalagi di era
sekarang dimana konsumen telah berubah menjadi konsumen yang cerdas dan
kritis. Faktor layanan menjadi hal yang sangat diutamakan.
Pengaruh layanan pada penjualan bisa
dilihat dari besarnya tingkat penjualan. Bila pelayanan oke, maka secara
otomatis nilai penjualan juga oke. Perusahaan yang memperhatikan
layanan kepada pelanggannya dan tidak hanya berorientasi pada target
pasti akan lebih banyak memiliki pelanggan. Sehingga tanpa disadari
target penjualan akan terpenuhi tanpa harus melupakan pemberian layanan
yang oke kepada para pelanggan. Dengan memandang pelanggan sebagai
manusia yang memang harus dilayani, maka layanan yang kita berikan tidak
hanya menyangkut nama perusahaan dan terkait dengan penjualan ataupun
pembelian, namun secara tidak langsung kita telah memberikan sebuah
kenyamanan kepada para pelanggan kita tersebut.
Pada dasarnya setiap pelanggan, baik itu
dari kalangan ekonomi bawah sekalipun cenderung ingin dilayani. Dan
layanan yang kita berikan akan menyenangkan untuk dilakukan bila kita
melakukannya dengan jujur dan tulus. Ingat, tanpa pelanggan, kita bukan
apa - apa. Dengan memiliki pelanggan yang loyal, usaha kita pasti bisa
berjalan dengan lancar. Karena tanpa adanya pelanggan yang loyal,
aktivitas usaha kita juga harus fokus mendapatkan pelanggan selain harus
tetap fokus terhadap target penjualan.
Pengaruh layanan pada pejualan memang
tidak bisa dipungkiri lagi. Tingginya kualitas layanan menunjukkan
tingginya dedikasi sebuah perusahaan kepada masyarakat. Oleh karena itu,
mengutamakan layanan merupakan sebuah keharusan bagi perusahaan yang
ingin tetap eksis dalam persaingan bisnis yang semakin ketat saat ini.
Besar, terkenal, dan murah saja tidak cukup untuk bisa 'mengikat'
pelanggan tetap loyal terhadapa perusahaan kita. Namun bila ditambah
dengan faktor layanan yang bagus maka tidak ada alasan lagi bagi para
pelanggan untuk meninggalkan kita dan beralih ke kompetitor kita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar